YCAC Dulu, Sekarang, dan Masa Depan

YCAC 2016

YCAC 2016

Halo sahabat koin! Semoga kalian bahagia selalu ya dimana pun berada.

Sahabat koin, udah berapa lama sih kalian kenal sama YCAC? Buat kalian yang baru saja mengenal YCAC, tentunya ingin tahu bagaimana perjalanan YCAC selama ini dan buat kalian yang sudah lama mengenal YCAC, pasti ada beberapa perbedaan yang dirasain dari komunitas ini.

Nah, kali ini kita akan berbagi cerita buat sahabat koin semua tentang perjalanan singkat YCAC. Ada perbedaan di YCAC yang dulu dan sekarang. Cerita ini dibagikan langsung dari salah satu founder YCAC, yaitu Yosephus Ardean atau yang lebih akrab disapa kak Ade dan salah satu volunteer senior, yaitu Fabiola Analisa atau yang biasa dipanggil kak Fabi. Yuk, kita simak cerita dari mereka.

Menurut kak Ade, perbedaan yang muncul di YCAC adalah soal tantangan. Dulu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana YCAC dapat terus memberikan beasiswa kepada adik asuh, meskipun dengan saldo beasiswa yang sedikit. Sekarang YCAC sudah berkembang dengan baik menjadi komunitas yang dapat dibanggakan dan menjadi wahana bagi coiners untuk semakin berkembang di dalamya.

Senada dengan kak Ade soal dana beasiswa, menurut kak Fabi yang juga membuat beda di YCAC sekarang adalah volunteer yang bergabung saat ini semakin banyak, dulu jumlah volunteer tidak begitu banyak dan mereka bisa ikut mengurusi beberapa hal secara bersamaan. Kebayang dong gimana lelahnya kakak volunteer yang dulu? Ditambah dengan banyak munculnya komunitas lain di Yogya yang dapat diajak berkolaborasi, tentunya menjadi nilai tambah bagi YCAC sekarang.

Ade

Ade

Sebagai salah satu founder YCAC, kak Ade sendiri sudah pernah bergabung dengan berbagai divisi yang ada, mulai dari divisi event, finance, bahkan menjadi kordinator regional. Kak Ade jugalah yang ikut mengembangkan sistem yang ada di YCAC ini. Sedangkan kak Fabi mulai bergabung di YCAC sekitar akhir tahun 2010 dan dari awal bergabung sampai sekarang, kak Fabi masih setia pada divisi pendampingan. Meski demikian, kak Fabi juga pernah ikut merasakan bagaimana lelahnya mengurus kegiatan dari divisi yang lain.

Waktu lama juga lah yang membuat kak Ade bisa merasakan apa yang hilang dari komunitas YCAC yang dulu. Ada keasyikan YCAC yang dahulu hilang di YCAC sekarang, yaitu dulu para coiners tahu siapa saja adik asuh asuh YCAC dan cukup dekat dengan mereka. Tapi sekarang karena semakin banyak coiners yang ada dan lebih profesional pada divisi masing-masing yang sesuai minat, maka membuat para coiners tidak begitu mengenal semua adik asuh yang ada. Tentu saja kak Ade berharap para coiners yang sekarang dapat mengenal lebih dekat adik-adik asuh yang ada.

Faby

Faby

Berbicara tentang adik asuh, kak Fabi juga punya kisah yang membanggakan sekaligus mengharukan dari adik asuh kita, yaitu Afri dan Tiara. Mereka adalah kakak-adik yang berasal dari keluarga yang berekonomi rendah. Bahkan, ada bulan-bulan dimana mereka hilang dari rumah dan ditemukan sedang memulung rongsokan untuk mencari uang. Tapi ada suatu peristiwa saat piknik koin dimana ada seorang pemulung yang minta sedekah dan dengan jiwa besarnya, Tiara menghampiri pemulung tersebut dan mengajaknya mengobrol, kemudian memberikan uangnya untuk sang pemulung. Sungguh perilaku dari seorang anak kecil yang patut kita contoh!

Setelah banyak cerita yang diberikan kak Ade dan kak Fabi, sekarang kita cari tahu apa saja harapan dan pesan buat YCAC saat ini dari mereka.

Kak Ade berharap para coiners semakin memahami dan mampu mengerti tentang esensi YCAC, sehingga komunitas ini terus berkembang, adik asuh dapat terus bersekolah, dan kita dapat mewujudkan mimpi-mimpi sederhana mereka. Hampir sama dengan kak Ade, kak Fabi juga berharap YCAC dapat terus berjalan dan semakin banyak yang membantu adik asuh serta memberi manfaat bagi volunteer itu sendiri.

Kak Ade dan kak Fabi juga berpesan agar YCAC tetap menjaga kesederhanaan, kekeluargaan, toleransi terhadap satu sama lain, keterbukaan, selalu terbuka terhadap wawasan baru, kreatif, solidaritas, dan selalu ikhlas dalam berkarya. Semoga hal-hal tersebut dapat terus ada di YCAC sekarang dan selamanya.

Terima kasih dan terus setia menjadi sahabat koin, ya. Salam Krincing! (R. Diyana/mn)