Where Your Money Goes?

Galaxy Orchestra 2

Galaxy Orchestra 2

Sebagai komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan dengan membantu memberikan beasiswa kepada adik-adik asuh melalui koin, banyak yang penasaran kemana saja sih sebenarnya koin itu disalurkan? Kemudian, bagaimana proses penyaluran koin itu? Dan apakah YCAC ini hanya menerima koin sebagai bentuk bantuan bagi adik asuh? Mari kita kupas satu-persatu.

Seperti yang sudah banyak diketahui, YCAC mempunyai kegiatan rutin tiap bulan yaitu coin collecting day (CCD), dimana dalam kegiatan ini kita akan bersama-sama menghitung koin-koin yang terkumpul tiap bulannya. Koin yang terkumpul ini didapat bisa dari sumbangan temen-temen kost, masyarakat, atau siapapun yang ingin berbagi. Tak hanya dengan CCD, YCAC juga bekerjasama dengan beberapa tempat untuk meletakkan celengan koin yang disebut dengan dropzone. Dropzone ini akan diambil secara berkala setiap dua bulan sekali. Meskipun dua kegiatan ini merupakan kegiatan pokok, namun YCAC juga bekerja sama dengan donatur-donatur, CSR perusahaan, dan pihak lainnya yang bersedia membantu menyumbang untuk beasiswa adi-adik kita. Untuk yang belum tahu, tanggung jawab kegiatan-kegiatan yang disebutkan tadi dipegang oleh divisi finance, tentunya dengan bantuan seluruh volunteer yang ada di CAC.

Itu tadi sedikit pembahasan mengenai pemasukan yang ada di YCAC. Masih penasaran kan kemana pemasukan kita itu disalurkan? Jadi, koin-koin yang sudah terkumpul tiap bulannya akan diberikan kepada adik asuh melalui kegiatan coin dropping. Coin dropping merupakan kegiatan pemberian beasiswa kepada adik-adik asuh setiap awal semester sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah masing-masing adik asuh. Beasiswa yang YCAC berikan juga disesuaikan dengan tingkat sekolah adik-adik asuh, yaitu untuk SD diberikan beasiswa senilai Rp 250.000, SMP Rp 500.000, dan untuk SMA Rp 1.000.000.

Hingga saat ini, YCAC telah mampu memberikan beasiswa kepada kurang lebih 30 adik asuh. Semoga kedepannya adik-adik asuh yang mendapatkan beasiswa dari YCAC akan semakin bertambah terus. Mari ikut menjadi bagian dari kebahagiaan adik-adik asuh ini, sumbangkan koin-koin yang kalian miliki and let’s send those kids back to school! Salam Krincing.

Rosa Dyana