Voluntary Building yang Seru

game dalam voluntary building

game dalam voluntary building

Yogyakarta Coin a Chance (YCAC) baru mengadakan kegiatan Voluntary Building (VB). VB ini dilaksanakan pada 15 November 2015 lalu yang berlokasi di Taman Kuliner Condong Catur. Kegiatan ini diadakan untuk menjalin kedekatan para volunteer baru dengan volunteer lama. Saya sebagai volunteer angkatan baru merasa kegiatan ini begitu menyenangkan dan seru.

Ada beberapa sesi dalam VB, mulai dari sharing oleh volunteer angkatan lama hingga bermain games. Yang paling menarik menurut saya adalah sesi sharing yang disampaikan mbak Eny, Susilowati(alumni YCAC-red). Beliau memiliki pengalaman yang sangat menginspirasi, dari yang awalnya tidak mengetahui apa-apa mengenai sebuah komunitas, hingga akhirnya ia justru mencapai impiannya meski belum sesuai harapan di sebuah komunitas, yaitu di YCAC. Satu pelajaran yang saya terima dari pengalaman mbak Eny, yaitu jangan pernah meremehkan kekuatan Tuhan.

Para volunteer angkatan baru dibentuk menjadi beberapa kelompok sejak FGD. Dalam kegiatan VB ini, terdapat presentasi dari setiap kelompok. Masing-masing kelompok mempresentasikan ide-ide mengenai hal menarik yang berhubungan dengan kegiatan rutin YCAC. Semua kelompok memiliki ide-ide yang sangat kreatif.

Kegiatan di VB yang selanjutnya adalah games, dimana kegiatan ini sangat melatih kekompakan. Volunteer angkatan baru dibagi menjadi empat kelompok. Dua games ditujukan untuk volunteer baru dan satu games terakhir melibatkan seluruh volunteer, baik angkatan baru maupun lama. Untuk games pertama, volunteer harus memindahkan karet menggunakan sedotan dan membuat menara setinggi mungkin dari sedotan. Di sini, para volunteer dituntut untuk bekerja sama dan berlatih kesabaran untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Games kedua, setiap volunteer dalam kelompok duduk di lantai dan membentuk sebuah barisan, dimana terdapat balon yang diikat pada peserta yang duduk paling terakhir dalam barisan. Kelompok harus menjaga balon agar tidak dipecahkan oleh kelompok lawan. Semua volunteer tampak bersemangat dan menurut saya, games ini sangat seru dan menguras banyak tenaga, bahkan dalam games ini beberapa volunteer mengalami cedera ringan.

“Menjaga Lilin” menjadi games terakhir yang diikuti semua volunteer. Games ini merupakan pertarungan antara volunteer baru dengan volunteer lama. Volunteer baru harus menjaga sebuah lilin agar tetap menyala sampai titik yang telah ditentukan. Kelompok volunteer baru membuat dua lingkaran, pertama lingkaran volunteer perempuan yang bertugas menjaga lilin, sementara lingkaran kedua adalah volunteer pria yang bertugas mengahalangi “bom” air yang dilemparkan oleh volunteer lama dari luar lingkaran ke arah lilin. Meski sudah berusaha dan hampir berhasil untuk menjaga lilin tetap menyala, sayangnya kelompok volunteer baru gagal karena banyaknya air yang dilemparkan, sehingga membuat lilin mati. Games “Menjaga Lilin” memiliki folisofi, yaitu bagaimana volunteer membawa YCAC untuk mempertahankan tujuan yang ingin dicapai dengan melewati berbagai rintangan yang nantinya ditemukan di lapangan.

Games yang disiapkan panitia YCAC secara keseluruhan sangat seru dan menuntut kerja sama antara setiap anggota kelompok. Games juga menjadi kegiatan yang membuat setiap volunteer menjadi semakin mengenal satu sama lainnya. Menurut saya, games juga kurang banyak, yang mungkin dikarenakan keterbatasn waktu. Semoga kegiatan VB berikutnya bisa semakin seru!

(deddy/mona)