Terbentuknya Forum Jogja Peduli

Pada tanggal 16 Oktober 2012, Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada dipenuhi oleh 2000 lebih manusia, bukan untuk menghadiri wisuda ataupun undangan pernikahan, namun sebagai atensi dalam acara roadshow Indonesia Mengajar. Ini adalah roadshow Indonesia Mengajar dengan jumlah peserta terbanyak dalam kurun waktu beberapa tahun, selain itu dalam roadshow tersebut juga mengundang 30 komunitas pendidikan di kota Yogyakarta untuk berpartisipasi dalam bentuk booth maupun video persentasi.

Pada akhir acara dari roadshow Indonesia Mengajar, diadakanlah diskusi internal antar komunitas pendidikan tersebut, salah satunya ialah Coin a Chance Jogja, dengan hasil berupa diadakannya gathering komunitas pada tanggal 10 November 2012 di Heritage Café, Surokarsan. Pada tanggal 10 November terdapat 12 komunitas pendidikan yang menghadiri, pembahasan lebih mengenai perkenalan masing-masing komunitas untuk saling bertukar ilmu, dan dipenghujung acara diresmikanlah nama dari wadah yang menaungi komunitas-komunitas pendidikan di kota Yogyakarta yaitu Forum Jogja Peduli (FJP), dengan koordinator Seno Wahyu Aji Pamungkas.

forum jogja peduli

forum jogja peduli

Forum Jogja Peduli memiliki peran sebagai pelopor sinergi dan silaturahmi bersama antar komunitas pendidikan di kota Yogyakarta, perlu adanya hubungan yang baik antar sumberdaya manusia yang peduli akan pendidikan juga menjadi alasan utama dibentuknya Forum Jogja Peduli pada tanggal 10 November tersebut.

Tanggal 1 Desember 2012, gathering kedua bertempat di Basecamp Jogja Menyala, pada acara yang berlangsung hangat tersebut akhirnya terbentuklah visi dan misi Forum Jogja peduli yaitu:


  1. Visi FJP:


  1. sebagai forum komunitas di Jogja yang memberikan kontribusi positif menuju Indonesia lebih baik.


  1. Misi FJP:


  1. menjalin hubungan dan kerjasama antar komunitasdi Jogja untuk Indonesia.

  2. menumbuhkan motivasi dan kepedulian masyarakat terhadap permasalahan sosial.

  3. menumbuhkembangkan partisipasi anggota dan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan sosial.

Hasil lain pada gathering kedua Forum Jogja Peduli adalah akan dilaksanakannyaLaunching Forum Jogja Peduli pada tahun 2013, di mana sekaligus menjadi media untuk menampilkan masing-masing komunitas pendidikan yang tergabung di dalamnya.

Dengan adanya wadah kepedulian ini, semoga pada nantinya cita-cita akan pendidikan yang layak dan baik di Yogyakarta maupun Indonesia bukan sekedar hal yang utopis semata, utamanya ketika hal ini telah menjadi tanggungjawab bersama. Salam Pendidikan Indonesia!