Piknik Koin 2013

Field Trip Piknik Koin ke-3

Koordinator : adith

Hari /tanggal : Sabtu / 5 jan 2013

Lokasi : Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Jumlah peserta :

–          Kakak pendamping :       21 orang

–          Adik asuh :                          15 orang

 

Agenda Komunitas peduli pendidikan Coin a Chance di buka dengan terselengaranya agenda rutin yaitu Piknik Koin. Agenda rutin yang dilaksanakan setiap per 6 bulan ini bertempat di Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Mengambil tanggal 5 januari 2013 sekaligus bertepatan dengan hari terakhir liburan adek-adek asuh Coin a Chance Yogyakarta, Monjali di pilih karena di sana adek adek asuh dapat menyegarkan pikiran mereka dengan beberapa panorama  – panorama yang tersedia di dalam museum. Persiapan yang baik oleh teman panitia yang membantu memunculkan ide untuk sedikit ada di selipkan permainan kecil yang nantinya ini tidak hanya menjadi kunjungan museum pada umum nya.

Tibalah pada hari dimana Agenda terlaksana. Koordinasi antara masing2 koordinator yang baik dan kooperatifnya orang tua adik adik asuh membuat acara Piknik Koin kali ini membawa suasana segar buat adek adek asuh. Acara yang di mulai pukul 10 pagi dan berkumpul terlebih dahulu di pendopo parkiran timur Monjali, rombongan Piknik Koin ini terlihat begitu riang melalui bercandaan khasnya, apalagi kakak Nisa membekali kita dengan sushi buatannya sendiri, enak banget, serius.

games

games

Setelah berkumpul semua peserta, kita masuk Monjali, setiap adik asuh didampingi kaka asuhnya dan kita membuat lingkaran bersama. Doa dipanjatkan kepada sang Maha Segala, acara Piknik Koin ke-3 pun dimulai dengan pemberian soal Trivia Quiz kepada setiap pasangan kakak asuh dan adik asuh. Isinya? Pertanyaan tentang sejarah kemerdekaan, sulit? Tidak juga, karena jawabannya ada di dalam Monjali. Jadi.. kita harus bertualang untuk menemukan jawabannya!

Pertanyaan bervariasi mulai dari tanggal kelahiran Pangeran Soedirman, kutipan pidato, hingga sampai alat komunikasi pejuang kemerdekaan di masa perang. Pencarian dilakukan di setiap museum yang ada di Monjali, ruang demi ruang, gambar demi gambar, sampai ke naskah yang ditulis oleh Presiden Soekarno, yang beberapa adik asuh mengalami kesulitan dalam membacanya, “Kak.. ini tulisannya apa ya?” itulah pertanyaan adik asuh yang sering keluar saat melihat tulisan tangan di masa pejuangan. Dan disini terlihat bagaimana kekompakan adik asuh dan kakak asuh dalam mencari dan menyelesaikan Trivia Quiz yang di berikan.

Setelah semua jawaban ditemukan, kita memasuki ruang diorama masa peperangan, ruangan gelap yang berisi patung, gambar, hingga audio yang membuat kita merasakan perjalanan kemerdekaan bangsa ini. Adik-adik pun terlihat begitu antusias, apalagi kakak-kakaknya, banyak yang sibuk mengambil foto. Setelah cukup lelah berkeliling museum dan diorama, kita memutuskan untuk istirahat di pinggir danau Monjali, suasananya menyenangkan dan sejuk, benar-benar terasa begitu kekeluargaan. Dan yang lebih seru lagi, dek Afri dan dek Jumali bermain bola air, yang di mana mereka masuk ke dalam bola yang mengapung di atas danau, saking serunya mereka sampai kelelahan, dan dek Afri sampai mual-mual.

Belajar sambil bermain sudah, istirahat sudah, maka Piknik Koin ke-3 memasuki agenda wajib, makan-makan! Kakak Ardy yang baru pulang membeli makanan memecah suasana lapar yang hening, seketika menjadi riuh. Kita makan bersama di gubuk-gubuk yang berada di Taman Pelangi. Seusai makan, ternyata tenaga kita bertambah lagi untuk melakukan hal-hal seru lainnya, agenda terakhir dari Piknik Koin ke-3 ini adalah permainan ketangkasan, di mana kakak asuh dan adik asuh yang dibaurkan dibuat menjadi 3 kelompok, lalu membuat barisan panjang dan pada akhirnya mereka harus memindahkan kelereng dari barisan belakang ke depan dengan sumpit dan mereka tidak boleh berkomunikasi sedikitpun, permainan ini mengandalkan kepercayaan dan kekompakkan mereka.

Sedikit refreshing setelah permainan dan pembagian hadiah dari Trivia quis. Dan terpilihlah 3 pemenang yaitu dek Lisa di dampingi mas Yusril, Dek taufik dan omNono dan Dek Nur dan Mbak Faby..kriteria Trivia Quiz sebenarnya bukan dari banyak dan betulnya jawaban tetapi dari bagaimana adek asuh dan kakak asuh bekerja sama dana membagun sebuah relasi yang baik dan ini berguna untuk hubungan merek ananti di luar acara acara resmi Coin a Chance Yogyakarta.

sebelum pulang

sebelum pulang


Setelah tawa bersama karena penentuan pemenang, kita menuju halaman depan untuk melaksanakan aktivitas wajib ketika bepergian, foto bareng!

Energi yang kita keluarkan membias menjadi senyuman bersama, waktu telah menunjukan pukul 14.30 WIB, kita bersiap untuk pulang dengan oleh-oleh tempat makan milik kakak Nisa yang laris manis isinya, enak banget sih. Dan adik-adik asuh pulang dengan ilmu baru dan coklat, yang kakaknya gak boleh minta, huh! Sampai bertemu lagi di acara menyenangkan selanjutnya, Piknik Koin ke-3!