Part 4 CAC di Jawa Pos

Aktif Kampanye via FACEEBOOK dan TWITTER

5000 Celengan sebagai Penambah Semangat Anggota

Mengumpulkan receh per receh itu kadang tidak mudah. pasalnya karena koin kwcil yang enteng itu kadang terselip atau jatuh entah dimana. Kalau begitu, kadang orang malas mencari.Padahal, jika satu koin dikumpulkan dengan koin lain, maka nilainya akan mejadi semakin besar.

Zaman dulu, untuk menampung koin buat ditabung, dibuatlah celengan. ada yg brbentuk ayam jago, babi, atau yang mirip kendi.Kdng kehadiran celengan itu justru mmbuat anak menjadi lebih semangat dalam menabung. kadang merekapun menenteng celengan itu keman-mana sambil menunjukkan ke teman, saudara, dan org tua bahwa celengan itu mrupakan miliknya.

Bgitu pula yang dilakukan Coin a Chance dan PT Pelat Timah Nusantara Tbk (Latinusa), mengantisipasi kebosanan coiners dan coin droppers menabung koin, pada awal 2011 mereka membuat celengan.Untuk apa?celengan itu dibagikan kepada prusahaan dan perorangan yang selama ini sudah menjadi donatur Coin a Chance.

Anggota Coin a Chance di Jogja pun tidak ketinggalan mendapatkan celengan dengan desain khusus itu. menurutt Andrian Dwi Antoro pada Jogja Raya celengan itu semakin menambah sense of belonging anggota CaC. Andrian Dwi Antoro yang akrab disapa Aan ini juga memaparkan aksi sosial semacam ini perlu dijaga smngtnya”. Celengan itu berfungsi sebagai pengingat bagi anggota bahwa masih banyak anak-anak putus sekolah dan tidak mampu yang butuh uang receh mereka-mereka. tuturnya.
Selain menjaga semangat dengan keberadaan celengan, mereka juga aktif mengadakan kampanye melalui internet, terutama media jejaring sosial sperti facebook, twitter dan blog. Coin a Chance Jogja sendiri bisa ditemui di facebook Yogyakarta Coin a Chance, blog di http://www.coinforall.com dan melalui twitter di http://twitter.com/coinforall.

Lewat jejaring sosial itu, mereka mensosialisasikan kegiatannya.mulai dari proses dropping coin, penghitungan, sampai penyerahan beasiswa.sampai saat ini (ktika berita ini dtulis), anggota CaC Jogja di facebook mancapai 1559 orang. angka itu dirasa besar untuk komunitas yang hanya mencakup daerah trtentu.

Melalui CaC ini, banyak hal yang bisa dipelajari dari kehati-hatian mereka dalam memilih adik asuh, metode pengumpulan dana,dan cara kampanye. semua sangat mudah dilakukan.Hanya melalui internet yang semua orang bisa mengakses, mereka menyebarkan semgnt ini ke semua orang, menginformasikan tempat dan waktu CCD, dan mmperoleh teman dari berbagai tempat..”karena itulah kami beranggapan bahwa peduli tarhadap orang lain itu sebenarnya sangat mudah,” tandas Aan. Ia berharap lebih banyak lagi warga masyarakat yang peduli dalam kegiatan yang mereka lakukan. bahkan seandainya ada yang meniru di tempat lain para pegiat Coin a Chance Jogja akan senang. Karena semakin banyak yang berkiprah dalam kegiatan seperti ini, akan semakin banyak anak-anak putus sekolah yang tertolong.”virus ini mamang sselalu berusaha kita tularkan,” harapnya..