Pameran Mind Map untuk Indonesia #2

Mind map? Ada yang tau artinya? Mind map adalah metode belajar dengan menggunakan gambar dan tulisan. Metode ini dapat memberikan akselerasi cepat dalam meringkas semua pelajaran atau materi. Metode mempelajari konsep yang ditemukan oleh Tony Buzan. Konsep ini didasarkan pada cara kerja otak kita menyimpan informasi. Metode mind map ini digunakan oleh salah satu lembaga bimbingan belajar di Yogyakarta yaitu Ladang Belajar Matriks.

Ladang Belajar Matriks ini sebenarnya adalah lokasi yang dipilih Yogyakarya Coin a Chance! sebagai lokasi untuk penyelenggaraan event Kelas Mimpi bagi adik-adik asuh Yogyakarya Coin a Chance!. Kebetulan H-7 sebelum kegiatan Kelas Mimpi dilaksanakan, Ladang Belajar Matriks mengadakan Pameran Mind Map untuk Indonesia (MmuI) #2 dan disinilah Yogyakarya Coin a Chance! diminta untuk mengisi salah satu sudut tempat pamerannya.

Pameran MmuI #2 ini dilaksanakan dengan tema  “Pembelajaran Kontekstual untuk Anak Negeri”.  Tujuan dilaksanakan pameran ini adalah membawa konteks permasalahan bangsa dan membawa penyelesaian masalahnya pada tingkat sekolah dan komunitas masyarakat.  Pembelajaran ini bukan hanya merangsang siswa untuk berpikir kontekstual dan kreatif, tetapi juga membawa perubahan nyata karena dalam praktek pelaksanaan melibatkan komunitas masyarakat.

Sudut Pameran CACjogja

 

Sudut Pameran Yogyakarta Coin a Chance di Ladang Belajar Matriks Yogyakarta

Kegiatan ini menyajikan gambar hasil mapping yang dilakukan oleh para guru maupun para siswa serta menampilkan beberapa aktivitas dari beberapa komunitas yang ada di Yogyakarta, yaitu Yogyakarya Coin a Chance!, Komunitas Earth Hour, Animal friend Jogja, dll. Pameran MmuI #2 ini dilaksanakan pada tanggal 7-13 April 2013 di Ladang Belajar Matriks yang beralamat di Jalan Magelang KM 5, Kutu Asem, Yogyakarta.

source : http://ninavidya.blogspot.com/