Open Recruitment 2016

Press release Oprec 2016

poster oprec 2016

poster oprec 2016

Halo semua sahabat hebat…. Kami keluarga besar Yogyakarta Coin A Chance (YCAC) pada bulan Oktober 2015 ini membuka kesempatan kepada teman-teman semua untuk dapat bergabung sebagai volunteer aktif masa bakti selama 1 tahun kedepan periode 2015-2016. Dalam Open Recruitment (OPREC) kali ini ada 5 divisi yang mungkin cocok dengan kemampuan, atau passionmu, silahkan bergabung, dan berbagi bersama kami.
Berikut ini adalah beberapa kriteria dari volunteer yang dicari oleh YCAC :

  1. Berkomitmen tinggi terhadap komunitas YCAC, untuk melancarkan segala kegiatan dan terwujudnya visi dan misi YCAC.
  2. Mampu dan mau belajar untuk membagi waktu antara kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh YCAC dengan agenda pribadi.
  3. Dapat menjalin Komunikasi yang baik secara dua arah kepada sesama volunteer YCAC.
  4. Pendaftaran terbuka untuk semua golongan individu yang mempunyai jiwa sosial dan semangat berbagi kepada sesama.

Catatan :

  • Diutamakan bagi teman-teman yang 2 tahun kedepan masih berada di Yogyakarta.
  • Buat teman-teman yang masih ragu-ragu untuk memilih divisi, kami adakan program magang yaitu : teman-teman diperbolehkan untuk aktif di dua atau semua divisi selama minimal 2 bulan sebagai perkenalan, sebelum akhirnya memutuskan untuk fokus di salah satu atau dua divisi YCAC.

Berikut ini penjelasan secara singkat divisi-divisi yang ada di dalam YCAC.

  1. DIVISI PENDAMPINGAN
    Kalau kamu suka dengan kegiatan sosial yang langsung turun tangan ke lapangan, divisi pendampingan YCAC bisa memujudkannya. Divisi pendampingan adalah divisi yang mengurusi adik asuh YCAC secara langsung, berinteraksi dengan mereka, menjalin komunikasi, dan menanamkan nilai-nilai positif ke adik-adik asuh YCAC.
    Divisi Pendampingan merupakan pihak penghubung antara sekolah-adik asuh -komunitas YCAC. Divisi ini memiliki sejumlah kakak pendamping yang nantinya akan dibagi menjadi beberapa tim pendampingan yang akan mendampingi beberapa adik asuh dalam hal pendidikan baik akademis maupun non akademis, bertindak sebagai motivator, dan penghubung YCAC dengan keluarga serta pihak sekolah selama masa bakti satu tahun.
    Fungsi utama tim pendampingan adalah mendampingi, memberi, dan menginspirasi. Mendampingi cara belajar adik asuh serta mendampingi orang tua untuk tetap mendukung pendidikan anaknya. Memberi perhatian dengan menjalin komunikasi intensif dengan adik asuh, orang tua, dan sekolah. Membantu adik adek asuh untuk mengetahui cita-citanya dan mendorongnya untuk meraih cita-cita tersebut. Menginspirasi dengan memberi dukungan, memotivasi adik asuh, dan membuka wawasan adik asuh dengan memperkenalkan berbagai macam pengetahuan, profesi, dan aktivitas yang bermanfaat dan bernilai luhur.
    Kapasitas tim pendampingan adalah sebagai pihak ketiga (pihak luar) yang masuk ke lingkup keluarga adik asuh atas nama komunitas Coin A Chance! Tim pendampingan menjaga hubungan profesional sehingga tidak terjadi overlap dan over expectation antara peran kakak pendamping dan orang tua.
    Banyak kisah dan pelajaran akan terjadi selama satu tahun masa bakti menjadi relawan divisi pendampingan; menginspirasi dan terinspirasi. Yang pasti, menjadi relawan YCAC berarti ambil bagian sebagai pembentuk generasi penerus bangsa. Kita mendampingi, kita berbagi, kita mengabdi.
  2. DIVISI EVENT
    Divisi Event adalah divisi yang bertugas untuk merencakan, melaksanakan, dan melaporkan seluruh kegiatan yang diadakan YCAC. Kegiatan yang diadakan di YCAC ini memiliki dua kategori yaitu kegiatan rutin dan kegiatan insidental. Kegiatan rutin YCAC antara lain seperti Coin Collecting Day yang biasanya diadakan tiap bulan, Piknik Koin yang diselenggarakan tiap liburan sekolah, dan Coin Dropping yang dilaksanakan awal semester baru. Sedangkan kegiatan insidental yaitu kegiatan-kegiatan yang bekerja sama dengan komunitas lain atau dengan pihak luar yang melibatkan YCAC. Contoh kegiatan insidental adalah menghadiri undangan atau menjalin kerjasama dari komunitas atau instansi sebagai ajang untuk mengkampanyekan YCAC. Anggota divisi event harus suka dengan dunia Event Organizer, mempunyai ide-ide yang menjadi trobosan dalam mengkampanyekan YCAC maupun kegiatan-kegiatan yang menunjang perkembangan adik asuh maupun volunteer dari YCAC.
  3. DIVISI KREASI
    Divisi kreasi adalah salah satu bagian dari Yogyakarta Coin A Chance! yang mempunyai tugas memberikan informasi baik secara textual maupun visualisasi tentang Yogyakarta Coin A Chance! ke khalayak umum mengenai kegiatan apa saja yang sedang dilakukan atau dikembangkan untuk dapat mencapai target dari cita-cita Yogyakarta Coin A Chance!
    kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh divisi kreasi adalah :
    Social media yaitu mengelola twitter, facebook, email dan website yang merupakan sarana untuk memberikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat umum maupun dengan sesame volunteer.
    Desain Grafis yaitu membuat dan mengelola kegiatan-kegiatan mendesain yang digunakan untuk menambah nilai dari informasi yang disajikan (poster kegiatan, newsletter, kalender,dll) dan juga marchandise dari YCAC (Kaos, totebag, pin,dll)
    Jurnalis yaitu mengelola berita dan dokumentasi (foto maupun video) di setiap kegiatan yang diadakan oleh YCAC, mencari berita-berita yang berhubungan dengan pendidikan yang dapat di publish ke social media untuk khalayak umum maupun internal YCAC.
    Catatan :
    * Menerima siapapun yang tertarik di bidang fotografi, desain grafis, suka menulis, suka corat-coret dan suka update social media (boleh pilih salah satu konsentrasi saja tidak harus ahli disemua bidang yang penting komitmen dan mau belajar).
  4. DIVISI KEUANGAN
    Divisi keuangan bertanggung jawab mengawasi pergerakan, rekapitulasi serta pelaporan dari keuangan yang ada di rekening YCAC, serta menjalin komunikasi dengan donatur tetap yang secara langsung memberikan donasi untuk kegiatan belajar dari adik asuh. Didalam divisi keuangan dibentuk sub divisi dropzone yang bertugas untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan pihak-pihak atau tempat-tempat yang secara resmi terpilih maupun yang akan diajukan sebagai dropzone YCAC. Selain itu sub divisi dropzone bertugas sebagai sub divisi pengumpul koin. Karena dalam sub divisi ini akan menyebarkan celengan ke beberapa tempat umum yang mengadopsi gerakan YCAC dan secara resmi mengumpulkan koin-koin serta menyalurkannya melalui YCAC dan jaringannya. Sub divisi ini yang akan mengecek perkembangan jumlah koin yang dikumpulkan pada tiap tempat dimana terdapat celengan YCAC.
  5. DIVISI ADMINISTRASI
    Divisi administrasi adalah divisi yang bertugas untuk merekam jejak hardcopy dan mengolahnya kedalam softcopy semua dokumen yang berhubungan dengan adek asuh (data keluarga, raport, ijazah, laporan penggunaan beasiswa), data-data volunteer, data coiners, maupun donatur. Data-data tersebut berguna untuk record, rekapitulasi dan tolak ukur untuk perkembangan YCAC serta digunakan untuk sistem pelaporan dana beasiswa dan perkembangan adek asuh kepada donatur tetap YCAC.

BERIKUT INI CARA BERGABUNG MENJADI VOLUNTEER
Dipersilahkan bagi yang akan bergabung untuk download form berikut ini : FORM OPREC 2016

Kemudian silahkan diisi, ganti nama file “Nama(lengkap)_Divisi(yg dipilih)_OPREC16”
dan kirimkan ke Email : admin@coinforall.com
dengan Subyek : “OPREC16”