Open Recruitment 2014

posterHai! Yogyakarta Coin A Chance (YCAC) membuka pendaftaran volunteer untuk masa bakti2014. Kesempatan ini terbuka untuk pemuda-pemudi Indonesia yang :

  • Berusia minimal 17 tahun

  • Berada di Yogyakarta sepanjang tahun 2014

  • Memiliki dan mampu mengendarai kendaraan bermotor

  • Mencintai dunia anak-anak dan pendidikan

  • Bersedia meluangkan waktu untuk kegiatan YCAC

  • Mampu bekerja sama dalam tim

  • Memiliki jiwa kepemimpinan

  • Memiliki komitmen dan tanggung jawab yang tinggi

YCAC terbagi menjadi dua divisi yaitu divisi internal dan divisi eksternal. Bagi kamu yang memiliki minat dalam hal pendampingan anak-anak bisa bergabung di divisi internal. Tapi untuk kamu yang kreatif, punya passion dalam event orginizing, public relation, atau marketing,bisa daftar ke divisi eksternal. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang kedua divisi tadi:

DIVISI INTERNAL

Kalau kamu suka dengan kegiatan sosial yang langsung turun tangan ke lapangan, divisi internal YCAC! bisa memujudkannya. Divisi internal adalah divisi yang mengurusi adik asuh YCAC! secara langsung, berinteraksi dengan mereka, menjalin komunikasi, dan menanamkan nilai-nilai positif ke adik-adik asuh YCAC!. Banyak kisah dan pelajaran akan terjadi selama satu tahun masa bakti menjadi relawan divisi internal; menginspirasi dan terinspirasi.

Kalau mau gabung di divisi ini, ada dua subdivisi yang bisa kamu pilih: divisi pendampingan dan divisi minat-bakat. Kamu mau jadi kakak pendamping? Atau kanda karya? Atau kanda acara? Yang pasti, menjadi relawan divisi internal berarti ambil bagian sebagai pembentuk generasi penerus bangsa. Kita mendampingi, kita berbagi, kita mengabdi.

SUB DIVISI PENDAMPINGAN

Sub Divisi pendampingan merupakan pihak penghubung antara sekolah-adik asuh dan komunitas YCAC! (YCAC!).  Divisi ini memiliki sejumlah kakak pendamping yang mendampingi adik asuh dalam hal pendidikan, bertindak sebagai motivator, dan penghubung YCAC! dengan keluarga serta pihak sekolah selama masa bakti satu tahun. Fungsi utama kakak pendamping adalah mendampingi, memberi, dan menginspirasi. Mendampingi cara belajar adik asuh serta mendampingi orang tua untuk tetap mendukung pendidikan anaknya. Memberi perhatian dengan menjalin komunikasi intens dengan adik asuh dan orang tua adik asuh. Menginspirasi dengan memberikan support dan  motivasi kepada adik asuh. Kapasitas  kakak pendamping adalah sebagai pihak ketiga (pihak luar) yang masuk ke lingkup keluarga adik asuh atas nama komunitas Coin A Chance! Kakak pendamping menjaga hubungan profesional sehingga tidak terjadi  overlap dan  over expectation  antara peran kakak pendamping dan orang tua.

SUB DIVISI MINAT DAN BAKAT

Sub Divisi minat dan bakat merupakan wadah yang diharapkan mampu membuka wawasan mimpi adik-adik asuh dengan memperkenalkan berbagai macam profesi dan aktivitas yang ada di lingkungan kita. Upaya untuk membuka wawasan mimpi adik-adik asuh ini sifatnya universal, sehingga tidak bertujuan untuk mengharuskan menjadi seperti apa adik-adik asuh Coin A Chance!. Sub Divisi ini akan membantu mendampingi dan memberi gambaran kepada adik-adik asuh mengenai pentingnya cita-cita, sehingga diharapkan dapat memudahkan adik-adik asuh untuk menemukan apa cita-cita mereka. Hal yang membedakan sub divisi minat dan bakat dengan divisi pendampingan adalah divisi minta bakat fokus pada pengembangan softskill adik-adik asuh sedangkan sub divisi pendampingan adalah pendamping adik asuh. Divisi minat bakat ini terdiri dari kanda karya, yang akan mendampingi adik2 secara khusus dalam pengembangan soft skill dan kanda acara yang menyiapkan rangkaian acara kelas mimpi dan kelas karya.

DIVISI EKSTERNAL

Divisi eksternal adalah divisi dalam YCAC! yang bertugas sebagai pengatur kegiatan-kegiatan yang ada di YCAC!. Divisi ini menawarkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya berhubungan dengan pihak luar; seperti pelaksanaan kegiatan yang ada di YCAC!, pengatur hubungan dengan relasi yang bekerja sama dengan YCAC!, mengkomunikasikan informasi kepada masyarakat luas mengenai YCAC! dan lain sebagainya. Divisi eksternal memiliki beberapa sub divisi antara lain, sub divisi event, informasi, dropzone dan kreatif.

SUB DIVISI EVENT

Sub divisi event bertugas untuk merencakan, melaksanakan, dan melaporkan seluruh kegiatan yang diadakan YCAC!. Kegiatan yang diadakan di YCAC! ini memiliki dua kategori yaitu kegiatan rutin dan kegiatan insidental. Kegiatan rutin YCAC! antara lain seperti Coin Collecting Day yang biasanya diadakan tiap bulan, Piknik Koin yang diselenggarakan tiap liburan sekolah, dan Coin Dropping yang dilaksanakan awal semester baru. Sedangkan kegiatan insidental yaitu kegiatan-kegiatan yang bekerja sama dengan komunitas lain atau dengan pihak luar yang melibatkan YCAC!. Contoh kegiatan insidental adalah Jogjanesia yang merupakan kerja sama dengan Forum Jogja Peduli, Fun running yang diadakan bersama Prambors Radio, dan lain sebagainya.

SUB DIVISI INFORMASI

Bidang informasi memiliki peranan yang cukup vital dalam YCAC!. Sub divisi informasi memiliki tugas untuk memberi informasi ter-updateke dalam YCAC! maupun kepada pihak luar. Bagian-bagian penting yang dimiliki sub divisi informasi berupa twitter (@CACjogja), blog/website (www.coinforall.com), email (info@coinforall.com), group facebook (yogyakarta coin a chance), milis dan sms. Segala macam informasi akan dibagikan oleh admin-admin melalui media-media diatas.

SUB DIVISI DROPZONE

Marketing, public relation skill dan communication merupakan kunci utama yang akan diterapkan di sub divisi ini. Sub divisi dropzone ini juga bertugas untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan pihak-pihak atau tempat-tempat yang secara resmi terpilih maupun yang akan diajukan sebagai dropzone YCAC!. Selain itu sub divisi dropzone bertugas sebagai sub divisi pengumpul koin. Karena dalam sub divisi ini akan menyebarkan celengan ke beberapa tempat umum yang mengadopsi gerakan YCAC! dan secara resmi mengumpulkan koin-koin serta menyalurkannya melalui YCAC! dan jaringannya. Sub divisi ini yang akan mengecek perkembangan jumlah koin yang dikumpulkan pada tiap tempat dimana terdapat celengan YCAC!.

Sub Divisi Kreatif

Sub divisi kreatif bertugas mewujudkan dan melengkapi segala kebutuhan dari Divisi-Divisi didalam YCAC! yang berhubungan dengan desain dan produk. Sub divisi kreatif akan membuat desain-desain media dan mengeksekusinya menjadi output menarik dan inovatif. Dalam divisi ini terbagi dalam tiga bagian yaitu koordinator, bagian desain dan bagian produksi. Output yang sudah dihasilkan divisi ini antara lain CAC! Jogja News, Buku Pendampingan, Coin Collecting Day Book, Berita Acara Dropzone, Display Event, Merchandise,dan lain sebagainya.

 

untuk formulir bisa di download disini .

kemudian di kirim kembali ke internal@coinforall.com untuk minat di Divisi Internal, atau kirim ke eksternal@coinforall.com untuk minat di Divisi Eksternal.poster