Konser Untuk Amal

Banyak jalan untuk berbagi kebaikan atau amal kepada orang yang membutuhkan. Berbagi tidak hanya bisa dilakukan dengan materi, berbagi itu bisa dengan menggunakan tenaga jika kita masih muda dan punya semangat yang tinggi, bisa juga melalui ilmu dan pikiran kita untuk menyumbangkan sebuah perubahan, berbagi juga bisa dengan meluangkan sebagian waktu kita untuk orang lain, bahkan melalui media musik juga bisa kita gunakan sebagai ajang untuk berbagi. Dengan dasar konsep inilah dibuatnya konser untuk amal yang bertajuk “classicharity” yang digagas oleh Josef Adicita dan kelompok Galaxy Light Orchestra (GLO).

Galaxy Light Orchestra adalah sebuah kelompok musisi orkestra yang anggotanya terdiri dari mahasiswa/i ISI, UNY, UGM, UAJY, UPN, UII, SMM dan dipimpin oleh konduktor Josef Adicita.

Galaxy Light Orchestra menggandeng Yogyakarta Coin A Chance (YCAC) bekerjasama sebagai wadah untuk menyalurkan donasi dari hasil yang didapatkan saat menggelar konser ini. YCAC mempunyai simbol yang berupa koin, melambangkan tentang konsep kesederhanaan dan kemudahan dalam berbagi. Sebagai bentuk kampanye dan edukasi dari kegiatan ini, maka para penonton diwajibkan untuk membawa koin untuk disumbangkan langsung ke YCAC. Acara classicharity ini tidak hanya menyalurkan donasinya ke YCAC tetapi juga hasil keuntungan dari penjualan tiket akan disumbangkan ke Panti Asuhan.

Galaxy Orchestra 1

Galaxy Orchestra 1

Gambar 1. Persiapan saat Latihan

Persiapan konser classicharity yang diadakan di gedung PKKH UGM pada tgl 2 Juni 2015 oleh GLO ini tergolong sangat pendek, hanya dengan sekitar 2 bulan untuk membentuk panitia, mengumpulkan para musisi pengisi acara, latian rutin, dan promosi. Tetapi didalam kesigapan dan dedikasi dari seluruh anggota panitia, mereka mampu menjual seluruh tiket yang awalnya dipersiapkan presale sebanyak 330 tiket + 20 tamu undangan, karena sold out mereka sempat menambah penjualan 100 tiket ekstra yang dijual on the spot pada hari-H.

Kerjasama yang dijalin dengan YCAC selain sebagai tempat untuk menyalurkan donasi, GLO juga meminta bantuan teman-teman volunteer untuk membantu menjadi panitia di bagian promosi melalui sosial media. YCAC juga diberikan waktu untuk mempromosikan kegiatan-kegiatannya pada saat acara konser, serta disediakan stand untuk tempat pengumpulan koin.

Antusias penonton yang datang dengan membawa koin ternyata diluar ekspektasi, tidak hanya 1 orang membawa 1 koin tapi banyak dari mereka yang membawa satu kantong plastik, dan penonton yang kebetulan saat itu tidak membawa koin mereka juga menyumbangkan uang kertasnya mulai dr kelipatan Rp.1000,- s/d Rp.100.000,-

Galaxy Orchestra 2

Galaxy Orchestra 2

Gambar 2. Stand pengumpulan koin dan promo YCAC

Dengan segala kekurangan dan kelebihannya aku bisa bilang acara ini perfect, sempurna dalam penyajian musik serta sempurna dalam tujuan awal dibuatnya konser ini yaitu berbagi kepada mereka yang kurang beruntung dibandingkan kita. Semoga segala upaya dan materi yang telah disumbangkan bisa memberikan nilai lebih bagi mereka yang membutuhkan.

Berbagi itu mudah, dengan berbekal niat dan keikhlasan kita bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, jadi mari berbagi mulai dari sekarang dengan segala kapasitas kan kemampuan yang kalian miliki.

Salam krinciiing…

 

By Yusril Riza Mahendra