Divisi Finance YCAC

CCDOktober 2015

CCDOktober 2015

Yogyakarta Coin a Chance memiliki beberapa divisi di dalamnya yang tentunya saling berkoordinasi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang akan dicapai. Nah, kali ini kita akan membahas tentang divisi finance. Divisi finance merupakan divisi yang mengatur pemasukan dan pengeluaran dana di dalam komunitas YCAC. Selain itu, divisi finance bertanggung jawab dalam mengawasi pergerakan, rekapitulasi, serta pelaporan dari dana yang ada.

Ada dua program kerja dalam divisi finance, yaitu fund rising dan pembukuan. Masing-masing program memilki penanggung jawab, yang disebut divisi fund rising dan divisi accountan. Divisi fund rising bertanggung jawab mengumpulkan dana dan di dalamnya terdapat beberapa subdivisi, yaitu dropzone, donatur, coin collecting day (CCD), corporate social responsibility perusahaan. Sedangkan dalam divisi accountan, tanggung jawabnya adalah pada pembukuan, yaitu mencatat pemasukan dan pengeluaran dari dana-dana yang ada.

Saat ini, target ke depan yang dimiliki divisi finance adalah ingin mengaktifkan kembali dropzone yang sudah bekerjasama dengan YCAC serta menambah dropzone. Pemasukan utama divisi finance diperoleh melalui kegiatan CCD dan dropzone.

Dari beberapa kegiatan pengumpulan dana yang diadakan, YCAC telat dapat menolong mimpi anak Indonesia yang kurang beruntung dari segi financial. Dana yang terkumpul di YCAC digunakan sebagai beasiswa untuk adik-adik yang membutuh. Pemberian dana dilaksanakan setiap enam bulan sekali dan diberikan langsung kepada adik asuh komunitas YCAC. Melalui beasiswa tersebut diharapkan adik asuh akan terus melanjutkan pendidikannya hingga jenjang tertinggi.

Kegiatan beasiswa ini dapat berlangsung bukan hanya karena adanya divisi finance tetapi divisi-divisi lain, seperti yang sudah disinggung sebelumnya tadi. Setiap divisi berperan penting dalam YCAC, termasuk berjalannya pemberian beasiswa dan divisi lainnya adalah divisi event, pendampingan, kreasi, dan administrasi.

Fitri Novitassari