Cerita tentang dan menjadi KakakAsuh CACJogja

berikut ringkasan cerita @Fanbul di twitter tentang menjadi KakakAsuh di CACjogja :

Awal gabung @CACJogja tahun 2011, emang seneng aktivitas yang ketemu orang baru, & ini aktivitas pertama di luar kegiatan kampus #KakakAsuh

Dulu, niatnya cuma pengen ikut pengumpulan koin, dan ngitung saat Coin Collecting Day. Hingga pada suatu hari (cielah dongeng)… #KakakAsuh

Ikut-ikutan teman-teman CAC mampir ke sekolah, yang pada saat itu saya juga baru kenal sama mereka, tapi mereka seru sih (cielah) #KakakAsuh

Hingga akhirnya aku kenal sama salah satu adik asuh, namanya Disri, cewek cerdas luarbiasa yang kisah hidupnya juga luarbiasa #KakakAsuh

Dia adalah korban gempa di Bantul tahun 2006 lalu, rumahnya keliatan masih baru dibangun (2011) dari bantuan pemerintah #KakakAsuh

Ayahnya meninggal saat dia sedang menjalani proses ujian akhir untuk lulus dari SMP masuk ke SMA, doi orangnya tegar banget #KakakAsuh

Terbukti dari penghargaan dan peringkat yang diraih dari hasil ujian akhirnya, ibunya bilang “Dia sabar banget mas..” #KakakAsuh

Singkatnya, aku diamanahkan temen-temen CAC untuk jadi kakak asuh Disri, awalnya bingung “Tugasku ngapain ya ini?” #KakakAsuh

Kirain aku harus mendampingi Disri setiap hari, ternyata enggak, aku lebih menjadi teman dekat dia, termasuk keluarganya #KakakAsuh

Awalnya, emang susah deket dengan orang baru, Disri pun suka tertutup tentang masalahnya di sekolah, saya juga jarang bisa mantau #KakakAsuh

Tapi emang namanya juga anak-anak, awalnya susah dedeketin tapi kalau udah akrab, malah jadi akrab banget, nyenenginlah :)) #KakakAsuh

Tapi jarak memisahkan kita :’) aku di Kaliurang atas dia di Bantul, kita LDR. Memantau dek Disri diamanahkan ke mas Ardy #KakakAsuh

Tapi kita masih sering berkabar, dia sering nanyain kabar duluan, saya juga nanya balik “Kamu di mana? dengan siapa?” yah Yolanda #KakakAsuh

Lalu pada akhirnya aku diamanahkan seorang adik yang juga luarbiasa, adik asuhku sekarang, dek Yanto si dewa air (jago berenang) #KakakAsuh

Lebih dari Disri, dek Yanto lebih susah dideketin, dia pemalu dan waktu itu masih kelas 5 SD, nah ini lebih banyak ceritanya sih #KakakAsuh

Paling parah waktu dia gak diancem guru bisa ngambil rapot, dia nangis-nangis tapi gak berani cerita, ngomongnya ke mbak Karlina #KakakAsuh

Besoknya saya kesekolah, bawaannya emosi, kesel, marah (ini intinya sama sih), dek Yanto gak ikut karena sakit, saya sama ibunya #KakakAsuh

Alasan Yanto gak bisa ambil rapot karena ada pembayaran nunggak, saya marah “Kenapa harus ngancem? kenapa ngomongnya ke dia?” #KakaAsuh

Di papan tulis dengan jelas tertulis “Ranking II: Septiyanto”, semacam ada penawar emosi saya, ibunya Yanto juga keliatan bangga #KakakAsuh

Ibunya berkali-kali ngomong ke adeknya Yanto yang juga ikut “Itu nama kakakmu nduk.. di papan tulis itu..” #KakakAsuh

Akhirnya tunggakan Yanto lunas, cuma sekitar 100rb “Ini gak worth it buat ngancurin mimpi anak-anak, Bu..” Ujar saya ke si guru #KakakAsuh

Setelah kejadian itu saya dengan Yanto jadi lebih deket, dan Yanto adalah adik asuh yang keponya luar biasa x)) #KakakAsuh

Sering dia sms duluan “Lagi apa mas?” bales “Kuliah dek, kamu?” dijawab lagi “Kalau kuliah sama siapa mas?” dan seterusnya :)) #KakakAsuh

Pernah kurang ajar dek Yanto nanya “Kalau mas Fanbul pacarnya siapa tho?” ya udah akhirnya saya ngambek gak bales smsnya #KakakAsuh

Paling seru adalah waktu saya dengan dia Piknik Koin bareng, ini ceritanya pernah saya tulis di sini http://t.co/mBcOlz2K #KakakAsuh

Pernah ngasih tantangan buat dia dapet juara satu di kelas 6, eh doi pesimis “Yang juara satu terus itu anaknya pak guru mas..” #KakakAsuh

Tapi jawab aja “Kamu kan juga adeknya ibu guru? bu guru @karlinakuning..” dia ketawa dan bilang “Oke mas aku coba..” #KakakAsuh

Dan kemarin waktu mampir ke rumahnya, dia ngobrol sama saya kayak ngumpetin sesuatu, saya tanya “Apaan tuh?” dia jawab “Hehe” #KakakAsuh

Ternyata hasil ujian dan percobaan UN si Yanto, nilainya luarbiasa, dan NGALAHIN si anak pak guru! jauuuh nilainya :)) #KakakAsuh

Dan benar saja, waktu pengambilan rapot nama Septiyanto sekarang paling atas di papan tulis, dia juara satu saudara saudara! #KakakAsuh

Ah banyak bangetlah cerita-cerita baru sederhana yang menyenangkan sama adik asuh, ketulusan dan kejujuran anak-anak itu lucu! #KakakAsuh

Ibunya pernah cerita “Mas, kalau mas Fanbul kerumah terus rumah berantakan, Yanto suka marah-marah ke ibu waktu mas pulang..” :)) #KakakAsuh

Oiya, setiap pulang dari rumah Yanto biasanya suka dibekalin pisang rebus, pernah jadi bekal buat open mic di @djendelokoffie :)) #KakakAsuh

Adik asuh ini udah kayak pacar sendiri, tapi gak posesif kok, nah buat para jomblo bisa jadi alternatif solusi nih :)) #KakakAsuh

Besok kita mau piknik koin #2 di Monumen Jogja Kembali pukul 10 pagi, kalau mau liat serunya adik asuh @CACJogja gabung aja #KakakAsuh

Barusan si Yanto sms ngajakin berenang, ini follow-up dari tantangan dia “Emang mas Fanbul bisa?” songong banget nih bocah :)) #KakakAsuh

Segitu aja kali ya cerita singkat (palelu singkat Bul) tentang #KakakAsuh, nanti saya chirpified insya Allah.

sumber : http://chirpstory.com/li/43883