Apa Dropzone ?

- dropzone -

– dropzone –

Sejak dimulainya gerakan sosial Yogyakarta Coin a Chance! pd tahun 2009, sudah banyak pihak yang terlibat baik para volunteer maupun instansi lain, seperti CSR suatu perusahaan, tempat makan, perkantoran dan universitas. Kerjasama yang telah dilakukan antara YCAC! dan instansi lain antara lain dalam bentuk MoU kerjasama pendanaan adik asuh, pelaksanaan acara pelatihan bersama komunitas sosial lain, dan acara gathering dengan komunitas pendidikan lain.

Disamping kerjasama yang menyenangkan di atas, kerjasama lain yang sudah berlangsung sejak awal berjalannya YCAC! adalah adanya Dropzone!
Yak , apakah itu dropzone?

Dropzone adalah suatu tempat atau lokasi dimana tersedia celengan CAC!  sehingga dapat memudahkan siapapun, baik coiners maupun coin dropping untuk menge”drop” koin yang ingin disumbangkan ke YCAC! dan nantinya menjadi beasiswa adik asuh.

Beberapa tempat yang menjadi dropzone dari awal dimulainya YCAC! dan masih berpartisipasi sampai sekarang adalah Kedai Kopi. Seiring berkembangnya gerakan sosial ini, jumlah dropzone pun semakin bertambah. Untuk saat ini, Dropzone YCAC! berjumlah lebih dari 20 lokasi tersebar di seluruh penjuru Yogyakarta. Harapannya, semakin memudahkan para coiners maupun coin droppers untuk menyumbangkan recehnya dan memperbesar peluang berlanjutnya pendidikan adik-adik asuh.

Pada proses nya, dropzone menjadi salah satu sarana yang membantu funding beasiswa YCAC! disamping kegiatan utama funding yaitu Coin Collecting Day!
Dengan tidak utamanya dropzone ini, maka ada beberapa kerjasama dengan dropzone yang terpaksa kami batasi karena pada hasilnya kurang benefit baik untuk tempat yang menjadi dropzone dan YCAC! sendiri..

Semoga semakin memberikan manfaat dengan adanya kerjasama YCAC! dan dropzone-dropzone yang masih eksis dan tujuan utama dari gerakan ini pun dapat terlestarikan, yaitu membantu merealisasikan mimpi adik-adik asuh di bidang pendidikan..

 

Oleh : Yosephus AKP